MEMBUAT JELI COKELAT DENGAN BAHAN YANG MUDAH DIDAPAT


Membuat Jeli Cokelat yang Lembut Dengan Bahan Seadanya

Coba buka pantry anda, ada apa disana? Hanya ada stok gula dan susu disana. Eh, tunggu sebentar, ternyata ada sebungkus kecil Nutrijel rasa cokelat yang nyelip. Atau jika tidakpun anda bisa mendapatkan bahan-bahannya di warung sebelah rumah. Yang gampang-gampang sajalah, kita kan bukan seorang expert. Siapkan sebungkus kecil Nutrijel cokelat (maaf menyebut merk), satu sachet susu kental manis bendera cokelat (atau putih), lima sendok makan gula pasir, sejumput garam, dan tiga gelas air. Waahhhh… mari kita buat yang dingin-dingin.

Sebelumnya saya pernah memakai satu sachet susu bubuk Dancow cokelat, rasanya memang gurih dan wangi, hanya saja saya menemukan cita rasa tepung pada jelinya, saya pikir agak aneh saja, walaupun itu memang enak. Dan akhirnya saya menemukan susu kental manis lebih pas untuk si jeli ini dibandingkan dengan susu bubuk.

Mengenai takaran air tertera pada kemasan dibutuhkan 400 ml, tapi saya suka untuk melebihkan airnya supaya jelinya lebih lembut walaupun memang sudah pasti akan lembut karena susunya. Namun diusahakan jangan berlebihan juga, karena jeli akan berair saat disajikan. Tekstur jeli yang kenyal (rasa buah) hanya saya buat jika akan diiris untuk disajikan bersama air sirup dan biji selasih.

Berikut ini cuplikan gambarnya saat saya membuat si jeli-jeli-dut (aaaahhhh… si panci ini… dia memang saya pakai untuk segala, hanya dia yang saya punya):


Caranya masukkan semua bahan ke saucepan atau panci kecil dan campur dengan rata, jangan sampai ada yang menggumpal. Nyalakan api dan tunggu sampai mendidih sambil terus diaduk. Setelah itu tuang ke cetakan kemudian dinginkan di kulkas, dan siap disantap.