SSSSTT...!!! RAHASIA BAHAN YANG UNIK DALAM MEMASAK NASI


Apa Ramuan Rahasiamu Untuk Memasak Nasi???


Berikut ini beberapa share saya seputar permasalahan  memasak nasi atau hanya sekedar upaya upgrade demi memenuhi tuntutan cita rasa:

Pertama, daun pandan, tujuannya agar wangi, saya pribadi belum pernah dan belum mau untuk melakukannya karena takut saat makan nasinya terasa seperti makan kue, tetangga saya yang sering melakukannya, pernah dapat kiriman nasinya dan kurang begitu suka;

Ke dua, agar-agar plain, dulu saya pernah melakukannya dan memang betul nasinya jadi tidak cepat menguning dan bau, penampakan dan rasanya menjadi lebih kenyal dan bersih;

Ke tiga, air jeruk nipis atau lemon, agak ribet ya kalo harus selalu menyediakan jeruk nipis di rumah, saya menyerah dan bosan, kecuali kalau punya pohonnya di rumah. Tidak ada perubahan apapun pada tekstur nasi, jeruk nipis hanya membantu nasi untuk tidak cepat bau dan menguning walaupun lama di dalam penghangat;

Ke empat, garam, sejumput garam memang akan mengeluarkan cita rasa manis pada masakan, nasi juga pada dasarnya ada cita rasa manisnya, namun ketika saya coba rasa nasinya jadi aneh, berwarna kekuningan, dan tidak sekenyal biasanya. Setau saya garam ini akan cepat melunakkan, mie instan yang saya masak menggunakan garam pada air rebusannya akan lunak lembek teksturnya. Konon garam akan mencegah nasi cepat basi;

Ke lima, air teh, rasanya (geli-geli gimana gitu) melihat nasinya berwarna merah kecoklatan dan bulir yang mekar gendut serta aroma tehnya mengurangi nafsu makan saya (sugesti terasa seperti makan melati), walaupun pada akhirnya nasi merah ini saya habiskan. Katanya nasi akan menjadi harum dan rasanya enak meskipun kualitas beras yang dimasak kurang bagus, tapi saya mungkin tidak akan melakukannya lagi, saya kurang sependapat. Spesial hanya untuk teh saya berikan gambarnya:


Ke enam, mentega atau minyak, tampilan nasi menjadi agak bening dan mengkilap, tidak lengket ke panci dan bulir-bulir nasinya terpisah, kenyal dan memiliki kelembapan yang membuat dia tidak cepat mengering serta daya tahan nasi jadi lebih baik.

Ke tujuh
, cuka, ini yang menjadi pilihan saya sampai sekarang, entahlah barangkali suatu saat saya menemukan yang lebih baik dan kemudian berubah pikiran. Aroma khas nasinya terasa lebih keluar, tidak cepat bau, tidak cepat menguning, dan menurut perasaan saya nasinya sedikit lebih cepat menjadi empuk jika dibandingkan dengan tidak memakai cuka.